Cara Menangani Rambut Bercabang

Dalam Artikel Ini:Menggunakan Perawatan dan Produk Salon, Menggunakan Perawatan dan Produk Alami, Melakukan Pemeliharaan Rambut Bercabang


Rambut bercabang muncul ketika rambut menjadi lemah dan mulai patah di akrab ujung batang rambut. Terlalu banyak penataan memakai panas, cahaya matahari, atau produk penataan keras sanggup menimbulkan rambut bercabang. Untungnya, terdapat cara mengatur rambut bercabang; akan tetapi, ingatlah bahwa Anda perlu memangkas rambut untuk menghilangkan rambut bercabang secara menyeluruh. Artikel ini akan memperlihatkan cara menangani dan memelihara rambut bercabang untuk menjaga kerusakan tidak terlalu parah.



Gunakan jenis kondisioner dan sampo yang tepat. Cari yang bertuliskan restructuring (merestruktur), repairing (memperbaiki), nourishing (memelihara), hydrating (menghidrasi), atau moisturizing (melembabkan) pada labelnya. Kondisioner dan sampo jenis ini didesain untuk menambah vitamin, protein, dan kelembaban ekstra pada rambut, menjadikannya lebih berpengaruh dan sehat. Sampo ini tidak akan memperbaiki rambut yang sudah bercabang, namun akan membantu mengatur dan mencegah rambut bercabang lebih jauh ke batang rambut.

Metode 1


Gunakan masker rambut deep-conditioning (pemeliharaan mendalam). Cuci rambut ibarat biasa, namun alih-alih memakai kondisioner Anda biasanya, gunakan masker rambut bersifat deep-conditioning. Jangan bilas; namun peras kelembapan ekstra dari rambut Anda dan masukkan rambut ke dalam shower cap. Biarkan selama 15-20 menit, kemudian bilas memakai air dingin. Apabila Anda tidak sanggup menemukan masker rambut yang didesain khusus untuk rambut bercabang, cari yang berlabel:



Deep repair (perbaikan mendalam)

Hair repair treatment (Perawatan perbaikan rambut)

Restorative (restoratif)

Cara Membentuk Rambut Layer Panjang
  • Cara Membentuk Rambut Keriting Alami
  • Cara Membantu Rambut Tumbuh Lebih Cepat bila Rambut Menipis
  • Cara Memanjangkan Rambut Sehat dalam Waktu Singkat


  • Split end cream/mender (penampal/krim cabang rambut)

    Pure oil treatment (perawatan minyak murni)

    Cara Memanjangkan Rambut dengan Cepat
  • Cara Memanjangkan Rambut dalam Seminggu
  • Cara Memanjangkan Rambut Anda
  • Cara Memanjangkan Rambut 5 Sentimeter dalam Sebulan



  • Buat masker rambut yang bersifat melembapkan dengan madu dan minyak kelapa. Campurkan 2 sdm. minyak kelapa dan 1 sdm. madu. Pijatkan gabungan ke ujung rambut dan biarkan selama 30 sampai 60 menit; Anda sanggup memasukkan rambut ke dalam shower cap untuk mencegah gabungan mengering atau berceceran ke mana-mana. Setelah waktu habis, basuh rambut Anda.


    Minyak kelapa penuh vitamin dan protein yang semuanya penting untuk menjaga rambut tetap berpengaruh dan sehat. Minyak kelapa juga bersifat sangat melembapkan.
    Madu akan membantu mendatangkan kelembapan pada rambut Anda. Rambut bercabang biasanya terjadi pada rambut yang kaku dan kering, sehingga menjaga rambut tetap terhidrasi sanggup membantu mencegah rambut bercabang dan mencegah kondisi rambut yang sudah bercabang menjadi lebih buruk.



    Campurkan avokad, sedikit putih telur, dan minyak zaitun untuk menciptakan masker rambut yang menyehatkan. Anda memerlukan satu buah avokad (yang sudah dihilangkan biji dan kulitnya), 2 sdm. putih telur, dan 3 sdm. minyak zaitun. Lembutkan avokad bersama materi lainnya sampai Anda mendapat tekstur yang lembut dan ibarat krim. Oleskan gabungan di seluruh rambut Anda dan masukkan rambut ke dalam shower cap. Setelah 45-60 menit lepaskan shower cap dan basuh rambut ibarat biasa.[9] Hindari memakai air yang terlalu panas, atau telur akan matang di rambut Anda.



    Campurkan pepaya dengan sedikit yoghurt memakai blender untuk mendapat masker rambut yang penuh protein dan menyehatkan. Anda akan memerlukan satu buah pepaya (kulit dan bijinya sudah dihilangkan) dan ½ cangkir (125 gram) yoghurt tanpa rasa. Campurkan kedua materi memakai blender sampai mendapat kekentalan yang ibarat krim, kemudian oleskan ke seluruh rambut Anda. Masukkan rambut ke dalam shower cap dan biarkan selama 45 menit, kemudian basuh memakai sampo Anda biasanya.[10]


    Gunakan gelatin untuk menciptakan masker rambut yang menyehatkan. Cuci dan sampo rambut Anda terlebih dahulu, kemudian campurkan 1 cangkir (240 ml) air dengan 2 sdm. gelatin tidak berperisa dan 1 sdt cuka apel di dalam sebuah cangkir. Oleskan gabungan di seluruh rambut dan biarkan selama 5 menit. Bilas gabungan sehabis waktu habis. Campuran ini akan membantu menguatkan rambut dan mencegah ujung rambut bercabang. Campuran ini juga sanggup membantu mencegah rambut yang sudah bercabang menjadi lebih buruk.[11]


    Tidurlah memakai sarung bantal satin atau sutra.[12] Sarung bantal linen dan katun mungkin lebih terjangkau, namun teksturnya yang bernafsu sanggup menciptakan rambut tersangkut dan merobeknya, menciptakan cabang rambut yang sudah ada menjadi lebih buruk. Pertimbangkan membeli sarung bantal satin atau sutra.


    Apabila tidak sanggup menemukan sarung bantal satin atau sutra, pertimbangkan membeli sarung bantal katun yang mempunyai tingkat kerapatan benang tinggi, ibarat katun Mesir.



    Pertimbangkan memangkas rambut setiap enam sampai delapan ahad sekali. Cara ini akan membantu mencegah ujung rambut menjadi bercabang. Apabila Anda sudah mempunyai rambut yang bercabang, Anda perlu memotong 3 ¾ cm di atas cabang rambut; ini akan mencegah rambut bercabang lebih jauh pada batang rambut.[13]


    Banyak konsumsi masakan yang mengandung protein.[14] Protein sangat penting untuk rambut sehat dan kuat. Hal ini mungkin tidak akan menciptakan cabang rambut menyatu kembali, namun akan membantu menciptakan sisa rambut lainnya menjadi lebih kuat, dan mencegah kerusakan menjadi lebih buruk. Berikut merupakan masakan yang mengandung banyak protein:[15][16]

    Kacang-kacangan
    Produk susu dan olahannya, ibarat keju, susu, dan yoghurt
    Telur
    Ikan dan hidangan laut, mencakup ikan sebelah, salmon, dan tuna
    Daging, mencakup ayam, daging sapi, daging babi, dan daging sapi muda
    Kacang pohon dan biji-bijian, ibarat pistasio dan biji labu
    Produk berbahan dasar kacang kedelai, ibarat tofu dan susu kedelai



    Banyak konsumsi masakan yang kaya biotin dan vitamin. Beberapa misalnya yakni protein, vitamin yang penting mempertahankan rambut sehat dan berpengaruh sehingga mencegah kerusakan menjadi lebih buruk.[17]

    Cobalah menambahkan jeruk, brokoli, atau bayam, yang semuanya kaya vitamin C, pada diet Anda.
    Untuk menambahkan biotin pada diet Anda, perbanyak mengonsumsi buah buni, ikan, dan kacang pohon.



    Lindungi rambut dari kerusakan akhir lingkungan. Ini mungkin tidak memperbaiki cabang rambut, namun akan membantu mencegahnya menjadi lebih buruk. Terdapat banyak sekali cara melindungi rambut dari banyak sekali elemen. Berikut daftar untuk membantu memulainya:


    Kenakan topi dan syal ketika bepergian, bahkan pada animo dingin. Udara hirau taacuh sanggup sama merusaknya ibarat matahari yang panas. Pertimbangkan memakai semprotan pelindung UV pada rambut apabila akan berada di luar ruangan pada hari yang panas dan terik untuk waktu lama.
    Lindungi rambut dari klorin dikala berenang dengan mengenakan topi renang.



    Hindari produk rambut yang mengandung sulfat, silikon, dan paraben. Bahan-bahan ini sangat merusak rambut dan akan menciptakan rambut bercabang menjadi lebih buruk. Inilah yang harus Anda coba hindari dan alasannya:[18]

    Sulfat, terkadang tertulis sebagai sulfit, merupakan detergen keras yang juga ditemukan pada produk pembersih komersial. Bahan ini memperlihatkan sampo busa yang bagus, namun juga sanggup menghabiskan minyak alami rambut dan menjadikannya kering dan kaku.
    Silikon merupakan plastik yang membantu mengakibatkan rambut lembut. Sayangnya, silikon hanya sanggup dihilangkan dengan sulfat; penumpukan silikon sanggup menimbulkan rambut lemah dan kusam.

    Paraben yaitu zat pengawet dan sanggup menimbulkan kanker. Menghindarinya merupakan solusi terbaik.


    Hindari menata rambut dengan panas dan gunakan semprotan pelindung apabila Anda melakukannya. Usahakan mengeringkan rambut dengan udara apabila memungkinkan; apabila harus memakai pengering rambut, nyalakan pada setelan terendah. Hindari juga memakai pelurus dan pengeriting rambut setiap hari. Panas berlebih sanggup menimbulkan rambut kering dan kaku, yang akan menciptakan rambut bercabang menjadi lebih buruk.


    Selalu gunakan semprotan pelindung dari panas pada rambut sebelum meluruskan atau mengeriting rambut. Ini akan melindungi rambut dan mencegahnya kering dan kaku.


    Sikat rambut dengan benar untuk mencegah merobek rambut. Mulailah dari ujung rambut ke arah atas, menyikat dalam serpihan kecil setiap waktu. Apabila Anda mempunyai rambut keriting, pertimbangkan memakai sisir bergigi jarang. Jangan pernah menyikat rambut dari akar eksklusif ke bawah; ini sanggup menimbulkan rambut tersangkut dan robek, yang akan menciptakan cabang rambut menjadi lebih buruk.

    Berlangganan update artikel terbaru via email:

    Belum ada Komentar untuk "Cara Menangani Rambut Bercabang"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel