Manfaat Sukun, Tanaman Multikhasiat


          Saya yakin kita semua sudah tahu dengan flora yang satu ini. Buah dari pohon sukun sering kita temui dalam bentuk aneka macam panganan, baik itu gorengan, keripik, maupun getuk*. Namun, ternyata tidak hanya rasanya yang enak, buah sukun pun mempunyai manfaat yang baik untuk kesehatan, dan tidak hanya buahnya saja, semua kepingan dari pohon sukun menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan kita. Beberapa hasil penelitian ilmiah menyebutkan seluruh kepingan tumbuhan sukun terbukti mempunyai kegunaan membantu menyembuhkan penyakit. Yap, mari kita lihat poin-poin kebermanfaatan flora sukun ini dari akar sampai buahnya.


1. AKAR



          Akar sukun mengandung beberapa senyawa menyerupai cycloartocarpin, artocarpin, chaplashin, morusin, cudraflavone B, cycloartobiloxanthone, artonin, cudraflavone C, dan artobiloxanthone.  Kesembilan senyawa itu mempunyai kegunaan antibakteri penyebab tuberculosis, Mycobacterium tuberculosis. Selain itu, dari kesembilan senyawa itu delapan di ataranya juga diketahui mempunyai aktivitas antiplasmodial, yaitu bisa menghalau benalu penyebab malaria, Plasmodium falciparum. Dengan konsenterasi yang terdapat di akar sukun, kedelapan senyawa itu bisa   menghambat separuh aktivitas Plasmodium falciparum. Senyawa-senyawa itu juga bisa menangkal sel kanker epidermis dan payudara.

          Akar sukun banyak dipakai oleh para herbalis untuk mengobati penyakit kulit, menyerupai koreng. Caranya potong kecil akar sukun, kemudian goreng bersama bawang merah yang telah dibakar menggunakan minyak kelapa di atas pembakaran kayu. Saat proses penggorengan berlangsung akan muncul buih. Buih hangat itulah yang kemudian dioleskan pada kulit yang terinfeksi. Akar sukun mengandung antibiotik sehingga bisa menghalau luka akhir benjol basil dan jamur.

2. KULIT BATANG


          Ekstrak kayu sukun mengandung senyawa artocarpin yang bisa memacu apoptosis (program bunuh diri sel) pada sel kanker payudara. Kulit batang sukun juga bersifat antiradang sehingga kerap digunakan untuk mengatasi luka lambung. Caranya ambil kulit terluar batang sukun, kemudian keringkan selama 4 hari. Setelah kering, potong kecil-kecil. Rebus 15g potongan itu dalam empat gelas air hingga tersisa dua gelas. Minum air rebusan itu dua kali sehari, pagi dan sore.


3. DAUN


         Daun sukun megandung saponin, polifenol, asam hidrosianat, kalium, asetilcolin, tanin, riboflavin, dan phenol. Salah satu khasiat daun sukun ialah meluruhkan kerikil ginjal. Kalium menciptakan kerikil ginjal berupa kalsium oksalat tercerai-berai. Endapan kerikil ginjal balasannya larut dan keluar bersama urine.

    Daun sukun juga mengandung senyawa flavonoid yaitu 8-geranyl-4,5,7-trihydroxyflavone yang bersifat sebagai antidiabetes kuat. Sementara itu, senyawa flavonoid geranyl pada daun sukun bermanfaat sebagai antikanker. Kandungan flavonoid daun sukun juga terbukti sebagai antiinflamasi, antiaterosklerosis, dan antiplatelet. Daun sukun juga terbukti secara ilmiah melindungi jantung. Riset Andi Mu'nisa dari kepingan Zoologi, Departemen Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Makassar, mengungkapkan urutan kandungan flavonoid tertinggi terdapat pada daun sukun tua, kemudian daun sukun muda, dan terakhir pada daun sukun renta yang sudah gugur.


4. BUAH


     Ekstrak buah sukun mengandung senyawa 5,7,4'-trihydroxy-6-geranylflavonone. Senyawa itu berperan sebagai antiradang. Sama menyerupai daun, buah sukun juga bermanfaat sebagai pelindung jantung. Selain itu, buah sukun sanggup menjadi masakan sehat bagi penderita diabetes. Indeks glikemik (angka yang mengatakan potensi peningkatan glukosa darah dari karbohidrat) sukun relatif rendah, yaitu 59. Angka itu lebih rendah daripada terigu sebesar 100 dan beras 96.



APA KATA MEREKA?

        Berikut disajikan pengalaman dari orang-orang yang telah menunjukan keampuhan daun sukun dalam mengobati penyakit.

  • Sri Eva, sembuh dari jantung koroner sesudah 10 hari mengonsumsi seduhan racikan daun sukun bersama herbal lain menyerupai tapak liman.
  • Maria, sesudah 10 hari mengonsumsi seduhan daun sukun rasa nyeri rematik ditubuhnya sirna.
  • Nunung, radang sendi perlahan-lahan menghilang sesudah 5 hari mengonsumsi air rebusan daun sukun.
  • Niken, dua bulan pasca konsumsi air rebusan daun sukun penyakit hepatitis dan maag kronis yang dideritanya lenyap.

RISET MEMBUKTIKAN

     Berikut disebutkan aneka macam hasil penelitian mengenai khasiat daun sukun, baik penelitian dari Indonesia maupun penelitian dari luar negeri menyerupai Cina dan Tiwan.

  • Antidiabetes
  • Hepatoprotektif (mencegah kerusakan hati)
  • Tidak toksik (tidak menjadikan efek samping bagi tubuh)
  • Melindungi jantung
  • Anti mikroba (menghambat perkembangbiakan basil dan jamur)
  • Anti kanker
  • Antiinflamasi (dapat menghilangkan radang yang disebabkan bukan lantaran mikroorganisme [non infeksi], namun yang timbul sebagai respon cedera jaringan dan infeksi)
  • Apoptosis sel kanker payudara
  • Antiaterosklerosis (mencegah dan mengobati radang pada pembuluh darah insan yang disebabkan penumpukan plak ateromatus**)


Readers... Maafkan saya lantaran foto-fotonya kelihatan kurang niat... :( Foto daunnya juga daun yang masih muda, di pohon yang juga masih kecil, abisnya saya nggak nyampe mau ngambil daun yang renta di atas pohon yang renta juga, haha.... Pohonnya tinggi meennn... Nge-shot fotonya juga saya pakai kamera hp, jadi maafkan kalo resolusinya juga nggak segede biasanya. Abisnya kalo mau bawa kamera yang biasanya, kegedean. Padahalkan niatnya abis ngambil foto di kebun saya mau joging, hehe.... Kaprikornus mohon maklum ya readers.... Semoga bermanfaat....

Keterangan:

*getuk: Getuk (bahasa Jawa: gethuk) ialah camilan yang terbuat dengan materi utama ketela pohon atau singkong. Bahan utama ini bisa juga digantikan dengan pisang, talas, ubi rambat, maupun buah sukun.

**ateromatus: Ateromatus ialah akumulasi dari materi yang telah renta di tunica intima (dinding dalam) pada didnding arteri. Material tersebut terdiri dari (sebagian besar) sel makrofag atau serpihannya, yang berisi lemak (kolestrol dan asam lemak), kalsium, dan sejumlah serabut jaringan pnghubung.



Daftar pustaka:
Mardiana, Luna. 2012. Daun Ajaib Tumpas Penyakit Kanker, Diabetes, Ginjal, Hepatitis, Kolesterol, dan Jantung. Jakarta: Penebar Swadaya.
http://kelor.weebly.com/anti-inflamasi.html
http://kamus-internasional.com/definitions/?indonesian_word=hepatoprotective
https://id.wikipedia.org/wiki/Getuk
https://id.wikipedia.org/wiki/Aterosklerosis
https://en.wikipedia.org/wiki/Atheroma


Sumber https://alifmeylinda.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Manfaat Sukun, Tanaman Multikhasiat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel