Manfaat Khasiat Daun Salam, Tumbuhan Multikhasiat




        Daun salam sudah biasa dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia sebagai bumbu perhiasan dalam banyak sekali jenis masakan. Daun salam mempunyai beberapa nama lokal, di antaranya ubar serai (Melayu), manting (Jawa), gowok (Sunda), dan maselengan (Sumatera).
                                                 
         Tanaman salam (Syzygium polyanthum) banyak ditemukan di tempat pegunungan dan hutan. Akan tetapi, intinya tumbuhan salam relatif gampang ditanam di pekarangan rumah atau kebun alasannya ialah berakar tunggang. Jenis tumbuhan ini juga tergolong gampang dikembangbiakkan, contohnya dengan cara pencangkokan.

       Selain untuk bumbu penyedap masakan, daun salam juga berguna mengobati beberapa penyakit. Secara tradisional, daun  salam dipakai sebagai obat sakit perut dan diare. Berdasarkan pengalaman dan diperkuat dengan bukti-bukti riset ilmiah menunjukan bahwa daun salam menularkan imbas hipoglikemik. Artinya, kombinasi zat-zat kimia yang terkandung dalam daun salam bisa menurunkan kadar gula darah yang melejit di atas normal. Selain itu, daun salam juga terbukti efektif menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol darah, serta mengobati sakit maag (gastritis), katarak, gatal-gatal (pruritus), kudis (skabies), dan eksim (eczema).

        Riset yang dilakukan oleh Beni Warman dari FMIPA Universitas Andalas dan Retno Sudewi dari Universitas Gadjah Mada memperkuat bukti kehebatan daun salam. Keduanya menyimpulkan fakta bahwa ekstrak daun salam berkhasiat  pula menghambat pertumbuhan bakteri-bakteri penyebab penyakit, ibarat basil Escherechia coli, Vivrio cholera, dan Salmonella sp. Daya antibakteri ini sanggup mengatasi serangan diare. Hasil penelitian di FMIPA Universitas Indonesia dan Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada diketahui bahwa daun salam berguna menurunkan tekanan darah dan kolesterol darah.

Daftar pustaka:
Mardiana, Luna. 2012. Daun Ajaib Tumpas Penyakit Kanker, Diabetes, Ginjal, Hepatitis, Kolesterol, dan Jantung. Jakarta: Penebar Swadaya.
obat-online.com 

Sumber https://alifmeylinda.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Manfaat Khasiat Daun Salam, Tumbuhan Multikhasiat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel