Frustasi, As Ingin Putuskan Internet Is

 Komando Cyber pada militer Amerika Serikat  Frustasi, AS Ingin Putuskan Internet IS
Komando Cyber pada militer Amerika Serikat (AS) tengah bekerja untuk menghancurkan koneksi internet militan Islamic State (IS). Misi ini bertujuan menciptakan IS terisolasi secara virtual.

Disampaikan Menteri Pertahanan AS, Ashton Carter, menyerupai dilansir AFP, Jumat (29/4/2016), misi Komando Cyber atau CYBERCOM yang bersifat diam-diam ini merupakan operasi besar pertama yang dilakukan militer AS di dunia maya. Carter menyebut CYBERCOM berperan penting dalam operasi koalisi pimpinan AS dalam melawan IS di Suriah dan Irak yang berlangsung semenjak tahun lalu.

"Tujuannya ialah mengacaukan komando dan sentra kendali ISIL ( sebutan AS untuk IS), menghambat kemampuan IS untuk memindahkan uang, mengganggu kemampuan ISI dalam menindas dan mengendalikan populasinya, mengganggu kemampuan IS  merekrut anggota secara eksternal," terang Carter kepada anggota DPR dari Komisi Senat Urusan Angkatan Bersenjata yang mengawasi militer AS. 

"Kami mengebom mereka (IS) dan kami akan memutus internet mereka dan seterusnya," imbuhnya soal tekad AS menghancurkan IS.

Secara terpisah, penasihat militer Carter, Jenderal Joe Dunford, yang juga menjabat Kepala Staf Gabungan menyatakan, tujuan dari misi dunia maya ini ialah memutus jalur komunikasi IS yang masih merajalela di Suriah dan Irak.

"Efek keseluruhan yang ingin kami capai ialah isolasi virtual. Ini sangat melengkapi agresi fisik kami di lapangan dan fokus khususnya ialah operasi eksternal yang mungkin dilakukan ISIL," terang Dunford.

AS meluncurkan koalisi internasional melawan IS sejak Agustus 2014 lalu, sesudah IS menyerbu sejumlah wilayah Irak dan Suriah dengan membunuh tentara setempat yang merupakan boneka AS, kemudian menerapkan aturan syariat yang sangat dibenci oleh AS.

Anggota DPR AS berulang kali menyatakan rasa frustrasi sebab selang 2 tahun, IS masih menguasai sejumlah wilayah penting di Suriah dan Irak. Carter dan Presiden Barack Obama semenjak usang bersikeras satu-satunya cara mengalahkan IS adalah dengan melatih dan mempersenjatai pasukan lokal (membentuk pasukan boneka) untuk melawan IS secara langsung. Kehadiran tentara AS untuk bertempur eksklusif dengan IS dianggap akan memicu konflik baru. (Detik/kabarduniamiliter)

Sumber http://kabarduniamiliter.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Frustasi, As Ingin Putuskan Internet Is"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel