Singapura Gunakan Wilayah Australia Untuk Latihan Militer

Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull hari Jumat  Singapura Gunakan Wilayah Australia Untuk Latihan Militer
Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull hari Jumat (6/5/2016) mengumumkan perjanjian dengan Singapura untuk membangun sentra latihan miiliter di Queensland. Proyek yang diperuntukkan bagi tentara Singapura untuk berlatih ini bernilai $ 2,25 miliar.
Dengan luas hanya sekitar 700 kilometer persegi, Singapura tidak mempunyai cukup lahan untuk dipakai bagi militer untuk berlatih, dan akan memakai pangkalan di Australia untuk berlatih dan uji senjata,
PM Turnbull dan Menteri Perdagangan Steve Ciobo menyampaikan persetujuan yang dicapai dengan Singapura ialah kontrak selama 25 tahun dimana jumlah tentara Singapura yang berlatih di Singapura akan meningkat dari 6 ribu orang menjadi 14 ribu personel.
"Akan ada manfaat yang terang bagi komunitas lokal, tidak saja dari mereka yang akan berlatih di sana, yang kadang akan membawa keluarga mereka, namun juga dana yang akan dipakai untuk memperbaiki pangkalan di sana." kata Ciobo kepada ABC.
Fasilitas yang akan didanai Singapura tersebut ialah di Shoalwater Bay, di utara Rockhampton dan di Townsville.
Kedua pangkalan ini berada di wilayah konstituen partai Koalisi pemerintah ketika ini yaitu di Capricornia dimana anggota dewan legislatif dari Partai Nasional Michelle Landry merebut kembali bangku dari Partai Buruh di tahun 2013 dan di konstituen Herbert yang dipegang oleh anggota dewan legislatif dari Partai Liberal Ewen Jones.
Namun Ciobo menyampaikan keputusan yang diambil bukan alasannya alasan politis, tetapi alasannya kepentingan strategis bagi Australia.
"Kita di sini berbicara mengenai dua pangkalan pertahanan dan training yang sudah usang ada. Itu yang menjadi alasan pengambilan keputusan." kata Ciobo.
"Saya kira warga Australia pada umumnya akan mengerti bahwa fokus kami ialah dimana terdapat pangkalan pertahanan."
"Saya kira Singapura tidak akan perduli dimana pangkalan itu berada." tambah Ciobo.
Keterangan yang diperoleh ABC menyebutkan bahwa langkah ini diambil alasannya Singapura ingin melakuikan kerjasama pertahanan lebih bersahabat dengan Australia dan di daerah Asia Pasifik, di tengah semakin meningkatnya kekuatan militer China.
"Saya kira bukan hal yang mengejutkan bahwa negara kecil ibarat Singapura contohnya akan berusaha melihat ke daerah dimana mereka sanggup mengirimkan pasukan untuk berlatih." kata Ciobo.
"Australia sudah usang mempunyai kekerabatan jangka panjang dengan Singapura, jadi masuk akal ada kerjasama ini."
Perjanjian ini juga akan mencakup peningkatan kondisi visa bagi warga Australia untuk bekerja di Singapura, dan menciptakan pasangan mereka mendapat pekerjaan di sana.
Kedua negara juga berusaha mencapai persetujuan bagi pengukuhan lulusan dari universitas di kedua negara, termasuk di bidang teknik dan akuntansi. (Detik/kabarduniamiliter)
Sumber http://kabarduniamiliter.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Singapura Gunakan Wilayah Australia Untuk Latihan Militer"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel