Deputi Bnpt Petrus Golose Bertemu Komandan Operasi Khusus As

Komunitas pasukan operasi khusus atau Special Operations Forces  Deputi BNPT Petrus Golose Bertemu Komandan Operasi Khusus AS
FLORIDA  –Komunitas pasukan operasi khusus atau Special Operations Forces (SOF) dari seluruh dunia bertemu dalam konferensi ke-5 International Special Operations Forces (ISOF) di sentra kota Tampa, Florida, Amerika Serikat (AS) pada tanggal 24-26 Mei 2016 kemarin.
Konferensi yang dihadiri lebih 260 akseptor yang terdiri dari para komandan dan pimpinan pasukan operasi khusus, penasihat-penasihat senior dan kawan kolaborasi antarinstansi dari 80 negara itu bertujuan mempromosikan kolaborasi multinasional untuk menemukan banyak sekali solusi atas bahaya dan tantangan global dikala ini.
Tak ketinggalan, Indonesia juga diundang dalam program tersebut. Indonesia diwakili oleh Deputi Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Bidang Kerja Sama Internasional, Irjen Pol Dr. Petrus Reinhard Golose. Salah satu poin yang dibahas dalam pertemuan tersebut yakni soal terorisme. Maka tak heran kalau Petrus Golose yang merupakan Wakadensus 88 Antiteror Polda Metro Jaya yang dipilih mewakili Indonesia.
Komandan Komando Operasi Khusus Amerika Serikat (USSOCOM), Jenderal Raymond A. Thomas yang menjadi tuan rumah konferensi ini mengatakan, dikala ini diharapkan jaringan kerjasama internasional untuk mengalahkan jaringan terorisme dunia.
"Dengan kata lain, diharapkan jaringan untuk mengalahkan jaringan, dengan melihat jaringan global SOF yang solid. Sangat mengesankan melihat perkembangan teknologi dan peningkatan pertukaran info serta pembinaan bersama. Saya percaya konferensi ini sanggup membangun keyakinan dan memperkuat hubungan kolaborasi antarnegara," kata Raymond A. Thomas, menyerupai diungkapkan Petrus Golose pada Jum'at (27/5/2016).
Sementara itu, Lisa Monaco, Asisten Presiden Obama untuk bidang Keamanan Dalam Negeri dan Kontraterorisme mengangkat topik wacana citra bahaya global yang dilakukan oleh organisasi ekstremis di dunia dan juga garis besar seni administrasi Amerika melawan organisasi ekstremis.
Menurut Lisa, Daulah Islam/Islamic State (IS) atau yang dulu berjulukan ISIS telah diuntungkan sehabis banyak orang aneh bergabung dengannya. Faktor itu menciptakan IS/ISIS dianggap tetap berkuasa dan mengubah kelompok teroris menjadi benar-benar militan.
Penyebaran pesan melalui media umum (medsos) di banyak sekali platform virtual telah menginspirasi kelompok-kelompok kecil lainnya untuk melaksanakan banyak sekali serangan di Belgia, Amerika, Perancis, Tunisia, Kuwait, dan di sejumlah daerah lain. Ini pula yang menciptakan kelompok-kelompok ekstremis lainnya menerima wangsit untuk melaksanakan hal yang sama di daerah mereka berada.
Dalam kesempatan itu, Petrus Golose menanyakan kepada Lisa Monaco wacana kebijakan, seni administrasi penanggulangan terorisme dan pengalaman Amerika melaksanakan "hard approach" dan "soft approach" terhadap para pelaku terorisme dunia.
Di sela-sela program konfrensi, Petrus Golose juga bertemu dengan Rear Admiral Colin J. Kilrain, Komandan Special Operations Command, Pacific (SOCPAC) yang salah satu tugasnya mendukung operasi di wilayah Asia Tenggara. Rear Admiral Colin Kilrain membicarakan dan bertanya situasi terkini terorisme di Indonesia.
Pada hari kedua program konferensi ke-5 ISOF, Petrus Golose berkesempatan berdiskusi dengan Mayor Jendral (Mayjen) Bismillah Waziri, Komandan Divisi Komando Afganistan wacana perkembangan foreign terrorist fightersatau FTF di kedua negara.
Menurut Waziri, dimungkin ada cukup banyak pejuang aneh Afganistan di Suriah dikala ini. Landasan aturan antiterorisme utama Afganistan yakni Undang-Undang Tempur Terhadap Pelanggaran Teroris yang dibuat pada tahun 2008.
Petrus Golose pun mengundang Waziri berkunjung ke Indonesia untuk mempererat pertukaran info wacana WNI yang menjadi FTF maupun yang masuk wilayah negara Afganistan.
Konferensi ke-5 ISOF ditutup dengan jamuan makan siang. Secara pribadi, Jendral Raymond A. Thomas mengucapkan terima kasih atas kehadiran delegasi Indonesia yang diwakili BNPT dan meminta hubungan baik dalam memerangi terorisme tetap ditingkatkan. [AH/kabarduniamiliter]

Sumber http://kabarduniamiliter.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Deputi Bnpt Petrus Golose Bertemu Komandan Operasi Khusus As"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel