Cia: Perancis Akan Menerima Serangan Teror

 memperingatkan kemungkinan terjadinya serangan teroris pada kejuaraan sepakbola Eropa  CIA: Perancis Akan Mendapat Serangan Teror
Intelijen Amerika Serikat (AS) memperingatkan kemungkinan terjadinya serangan teroris pada kejuaraan sepakbola Eropa 2016 di Prancis. Acara ini dijadwalkan akan digelar mulai dari 10 Juni sampai 10 Juli mendatang.

"Banyaknya wisatawan yang berkunjung ke Eropa di trend panas akan menjadi sasaran yang lebih besar untuk teroris," sebut Departemen Luar Negeri dalam pernyataannya menyerupai dikutip CNN, Selasa (1/6/2016).

Serangan disebut sanggup terjadi di lokasi wisata, restoran, sentra komersial dan transportasi selama kejuaraan sepakbola berlangsung. Dalam travel alert-nya bagi warga AS, Kementerian Luar Negeri AS menyebut kemungkinan serangan teroris tak hanya terjadi di Prancis, namun seluruh wilayah Eropa.

Tak hanya kejuaraan sepakbola, namun peringatan juga muncul terkait dengan penyelenggaraan Tour de France dan the Catholic Church's Youth Day di Krakow, Polandia. Kedua ajang ini diperkirakan akan menarik 2,5 juta pengunjung.

Menanggapi peringatan tersebut, seorang mantan pejabat AS, Shamila Chaudhary mengatakan, yakni praktek standar bagi AS untuk mengeluarkan peringatan bagi setiap kawasan yang diduga akan menjadi sasaran serangan teroris, termasuk Eropa.

"Saya pikir orang-orang Eropa sendiri telah menolak gosip terorisme dalam negeri mereka," ujar Chaudhary.

Seorang mantan kepala kontraterorisme M16, Richard Barrett mengatakan, AS kerap mengeluarkan peringatan terkait gosip serupa alasannya yakni mereka berkewajiban memberi tahu orang-orang, bukan memastikan apa yang akan terjadi.

Namun peringatan yang dikeluarkan AS itu disebut Barret masih simpang siur. "Mereka bicara wacana seluruh Eropa," ujarnya.

Pejabat kontraterorisme di Kementerian Luar Negeri AS yang juga mantan pejabat CIA, Henry Crumpton, mengatakan, "pernyataan itu mungkin hanya merespon sinyal dan keributan," tutur Crumpton.

Tak hanya AS, namun Kementerian Luar Negeri Inggris juga mengeluarkan peringatan tingginya potensi bahaya serangan teroris di Perancis.

Ketika disinggung apakah pernyataan itu sebagai reaksi atas peringatan AS sebelumnya, Inggris tidak menjawab secara jelas. Mereka menyampaikan peringatan itu ditujukan bagi penonton kejuaraan sepakbola.

Prancis sendiri telah memperpanjang keadaan darurat, termasuk dikala kejuaraan sepakbola tengah berlangsung. Negara itu kabarnya akan memakai drone sebagai upaya antisipasi atas banyak sekali gosip keamanan.

Lebih dari 90.000 polisi, tentara dan biro keamanan swasta dilibatkan dalam mengamankan pelaksanaan kejuaraan sepakbola itu. Sekitar satu juta orang diperkirakan akan memadati area kejuaraan sepakbola. (Cnn/atjehcyber/kabarduniamiliter)

Sumber http://kabarduniamiliter.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Cia: Perancis Akan Menerima Serangan Teror"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel